Lapisan Anodized Kusen Aluminium

Lapisan Anodized pada Kusen Aluminium

Lapisan anodized kusen aluminium merupakan proses pelapisan material aluminium dengan zat yang berwarna warni. Secara kimia, lapisan anodize merupakan proses elektrolisis dengan menggunakan larutan elektrolit dengan cara menggabungkan antara katoda serta anoda.

Kusen aluminium dipasang salah satu kutub positif (anoda), hal ini menyebabkan permukaan kusen aluminium mengalami proses oksidasi dan membentuk susunan oksida baru pada permukaannya sesuai dengan warna yang diinginkan. Proses ini menghasilkan lapisan pelindung/proteksi yang bersifat dekoratif. Proses anodizing ini tidak hanya diterapkan pada kusen aluminium saja, tetapi juga pada logam lain diantaranya Cadmium, Perak, Magnesium, Tembaga dan sebagainya.

Secara ilmiah, proses pelapisan anodized yang dilakukan dengan menggunakan larutan elektrolisis buat menghubungkan antara katoda serta anoda buat memperoleh susunan film pada barang kerja, biar dapat dicoba pewarnaan dengan memakai perona anodizing spesial.

Proses anodizing dapat meghasilkan pori pori di permukaan kusen aluminium dgn susunan film yang dihasilkannya. Anodize jg bisa menaikkan thoughness / ketahanan kusen aluminium terhadap proses oksidasi serta membuat tampilan yang lebih cantik sebagai komponen arsitekstur pada rumah.

Lapisan Anodized
Lapisan Anodize Kusen Aluminium

Perbedaan Lapisan Anodized dan Electroplanting

Proses Anodizing kusen aluminium berbeda dengan metode pelapisan logam electroplating. Pada proses Anodizing, material dipasang kutub anoda (positif), berbeda halnya dengan proses electroplating yang dipasangkan dengan kutub katoda (kutub negatif). Sehingga tahapan pembentukan lapisan barunya pun berbeda.

Pada proses anodizing mengalami proses oksidasi, material yang teroksidasi dengan listrik mengakibatkan material aluminiuam terkikis, dan menciptakan oksida logam yang kemudian ditambahkan zat corak/pewarnaan. Berbeda dengan anodizing, proses electroplating merupakan proses reduksi. Dimana ion-ion pada larutan elektrolit direduksi dengan katoda pada material sehingga material terlapisi oleh ion tersebut.

Secara alamiah, lapisan anodize hendak mengganti permukaan kusen aluminium jadi kusen aluminium oksida yang dapat menjadi suatu permukaan tipis yang berpori. Lapisan Anodize bisa dilakuakan secara berulang kali atau lebih dari satu kali. Perihal ini menimbulkan kusen aluminium jadi susunan oksida kuat serta bisa tingkatkan energi tahan abrasi. Proses Anodizing pula bisa mengganti serta membetulkan tampilan kusen aluminium. Dengan memakai bahan perona serta prosedur spesial, Anodizing hendak tingkatkan energi tahan korosi.

Kusen aluminium dengan lapisan anodized dapat menghasilkan kilap yang bagus dan menjadi opsi yang menarik. Tidak seperti proses pelapisan yang lainnya, lapisan anodizing tetap menghasilkan corak kusen aluminium sesuai dengan motif khasnya sebagai material logam, dalam jangka waktu yang lama, kusen aluminium anodized dengan lapisan coating menjadi pilihan yang lebih baik dibandingan metode pelapisan yang lain karena nilai perawatan yang lebih rendah dibanding proses yang lain.

Lapisan Anodized Kusen Aluminium

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top
error: Content is protected !!
Open chat
Hubungi kami